Tuesday, September 18, 2007

Binahong

BINAHONG



bunga-binahong1daunbinahongbinahong

..Alhamdulillah koleksi bertambah lagi yaitu Binahong baru dapat sebulan yang lalu dari pusat Anthurium yaitu Karangpadan,solo Jawa tengah...


dan pas ditaman mudah sekali langsung numbuh dan setelah di cari di google manfaat banyak sekali ,..loh. ada juga yang sudah dipabrikan .


dibawah ini salah satu tulisan yang bisa jadi refensi :


TANAMAN ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).


Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.


Manfaat tanaman ini sudah dipetik Soejiyo, mantan karyawan Kanindotex yang biasa nglaju Solo-Semarang setiap kali bekerja. Katanya, binahong adalah herba yang dapat memulihkan stamina yang loyo.


Selain meningkatkan vitalitas pria, binahong dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke.


Untuk pemakaian dalam, Soejiyo meraciknya sebagai berikut: ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari, Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.


Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.


Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit.


Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.


Batangnya untuk mengatasi kelemahan laki-laki, yaitu dengan cara diambil getahnya dioleskan pada penis, diamkan beberapa saat kemudian lakukan sanggama dengan istri. Kalau digodog dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu, hasilnya juga oke punya.

62 comments:

rafa said...

dari literatur yang saya baca binahong memiliki nama ilmiah anredera cordifolia, sedangkan kalau gendola adalah basella rubra. keduanya bersal dari suku yang sama yaitu Basellaceae. tapi sebenarnya saya masih bingung, kandungan bahan kimia apakah yang terdapat di tanaman ini (Binahong)?

apa kandungan kimanya,apa ada alkaloidnya said...

tolong dibantu apakah ada alkaloid pada binahong

apa kandungan kimanya,apa ada alkaloidnya said...

tolong secepatnya dikasih tau tentang kandungan binahong

andisup said...

maaf baru balas.
saya juga lagi nyari kandungan kimia belum ketemu

untuk kandungan kimia baik di luar negeri belum ada yang meneliti secara detailnnya

http://210.210.145.200/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Natural+Healing&y=cybermed|2|0|3|119

kalau menurut pribadi
alkaloid biasa ada di herbal tumbuhan binahong yang khasiatnya
multi Khasiatnya
tapi ini perlu diteliti lebih lanjut

anda tertantang untuk meneliti ?
..dari hasil cari di google banyak para sarjana kita sedang meneliti
tanaman ini.
thank
semoga nda termasuk pecinta tanaman obat

Ferdy said...

Saya mencoba untuk meneliti tanaman binahong ini, jikalau nanti2 ada sesuatu hasil yang dapat saya ceritakan kembali, saya akan mengabari Anda2 yang tertarik

andisup said...

saya tunggu bung ferdy hasilnya.

selamat meneliti semoga
sukses bersama anda

iphoner said...

apakah ada obat jadi nya yang dijual di apotik ??
sy tertarik untuk istri yg habis operasi.

andisup said...

di Apotik saya kurang tahu,..kayak nga ada
di toko herbal cina katanyan ada

harga lumayan mahal coba liat web dibawah ini kayak jual binahong pabrikan
http://indonetwork.co.id/BINAJAYA/111785/binahong-dheng-san-chai.htm

kalau di rumah ada bibit ,..kalau mo
silakan ke rumah

adik habis operasi cesar ,..konsumsi juga daun binahong di juz ,..alhamdulillah luka cepat kering.

tiara said...

saya siswi sma yang ingin meneliti tanaman ini namun saya tidak dapat menemukan buku tentang ini adakah buku tentang tanaman ini? untuk dapat membantu saya
terima kasih

andisup said...

dik Tiara
semoga dik tiara termasuk pecinta tanaman obat.

untuk refensi buku belum ada yang saya tau,...
ada berapa refensi artikel bisa di cara di google
mungkin bung ferdy bisa bantu
( beliau juga sedang meneliti tanaman ini ).

terima kasih

vina said...

saya mahasiswa yg sedang mengerjakan tugas akhir dan insya Alloh ingin meneliti kandungan kimia pada tanaman binahong, saya mohon bantuan Saudara2 terutama Bung Ferdy untuk berbagi referensi, kalau boleh saya bisa minta alamat mailnya?
terima kasih

harold simatupang said...

daun binahong berhasiat juga untuk bayi yang sedang menderita panas, caranya daun ditumbuk dan dioleskan/balur(bhs sunda) keseluruh tubuhnya. begitu juga sangat bagus kalau ibunya meminum jus daun binahong itu lebih cepat untuk penyembuhan.

adjie said...

binahong emang tanaman yang mempunyai banyak khasiat, tapi secara eksperimen belum terbukti sepenuhnya kandungan apa yang ada di tanaman satu ini..
mudah-mudahan kami dalam waktu dekat ini dapat mempublikasikan senyawa kimia yang terkandung didalamnya.
sukses untuk blognya

Muhammad Eko said...

wAH OK juga binahong ini. Binahong ini tumbuh subur merambat di pagar pesantren nggak ada yang nyentuh. makasih atas informasinya.

andisup said...

betul banyak banget manfaatnya
1.Untuk luka karena jatuh berdarah / bengkak
cuci luka dahulu terus olehkan daun binahong ( dihancurkan)
bisa juga dilumatkan pakai mulut dan oleh ke yang luka
biarkan sampai satu hari ( bisa di tutup pakai kasa )
Insya Allah luka mengering tanpa bekas
( untuk luka yang berat bisa beberapa kali dioleskan ) setiap
hari.
dan masih banyak yang lainnya.nanti saya ulas kembali dari
bukti dilapangan.

agus said...

diterusin kumpulin bukti di lapangannya mas andi, mudah2an berguna buat kita semua

monita said...

saya penasaran di rmh sy jg menanam binahong. tp belakangan ini saya mendapat info mengenai binahong (gendola) yg berasal dr korea.sebetulnya wujud binahong yg asli spt apa. jika ada gambarnya tlg di kirim ke email saya. terima kasih.

andisup said...

Untuk mba monita
Silakan bisa diliat dipostingku paling atas
kalau perlu tanaman bisa mampir ke rumah

Thank atas Respone dan kunjungannya

Salam herbal

sari3 said...

saya mahasiswi yg mngjukn proposal pnlitian dgn menggunakn binahong dan insya Alloh ingin meneliti kandungan kimia pada tanaman binahong, saya mohon bantuan Saudara2 terutama Mas Ferdy untuk berbagi referensi, kalau boleh saya bisa minta alamat mailnya?
trims..

Amy said...

Saya amy.. Saya menderita pembengkakan jantung.. Sudah sekitar 8bulan.. Sehingga kegiatan sekolah saya berantakan..
Disitu dijelaskan bahwa umbi binahong dapat menyembuhkan pembengkakan jantung.. Tapi mohon maaf,saya kurang jelas langkah-langkahnya..
Mohon dijelaskan lebih rinci.. Cara mengolah dan pemakaiannya juga.. Mohon bantuannya..
Terima kasih

andisup said...

klo mba Amy punya binahong silakan dicoba

seperti resep diatas yg mba ita kirim
yaitu bisa pakai umbi umbi bisa didapat dibawa tanah ( akr binahong ) atau diatas tempat tunas tumbuh

Umbi dicuci dan direbus biasa tarakan rebusan 2:1
2 gelas air didihkan sisakan satu gelas dan seterusnya
terus disaring dan diminum 2 kali sehari atau 3 kali sehari.

bisa juga pakai daun 7-9 daun diblender campur air satu gelas
campur madu secukupnya di minum 2-3 kali sehari
pagi -siang-dan menjelang tidur.

Arternatif kedua bisa pakai Sarang semut

( ini saranku karena banyak yang membuktikan untuk jantung bocor bisa sembuh )
selamat mencoba semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mba Amy.

Amy said...

Iya,, akan saya coba..
Terima kasih

ibnu said...

dear all yang baik,
saya mau bertanya tentang penggunaan umbi binahong guna pengobatan pembengkakan pada jantung.
apakah umbi yang di rebus itu yang dikonsumsinya hanya air dari rebusan umbi saja?
lalu apakah pada saat direbus juga harus dicampur dengan daun binahong & temu rose?
saya agak sulit mencari temu rose, apakah ada yang tau nama lain dari temu rose?
bagaimana dengan umbinya, apakah harus dikonsumsi juga?

mohon infonya

terima kasih atas attensinya

Evi said...

Salaam,

Saya mempunyai penyakit kista di payudara dan sudah menjalani operasi 2 kali (tahun 2001 & 2006). Sejak sekitar 2 tahun yang lalu ditemukan juga kista di kedua ovarium saya dengan diameter hampir 6cm dan 5cm. Dokter menyarankan untuk operasi, tetapi saya ingin menjalani pengobatan alterntive terlebih dulu. Saya sekilas membaca artikel tentang daun binahong dan sarang semut, mana yang lebih tepat untuk saya konsumsi sebagai pengobatan kista saya apakah daun binahong atau sarang semut ? mohon penjelasan.

Terima kasih.

andisup said...

secara bukti dilapangan dari (pasien saya).
sebaiknya mengunakan tanaman sarang semut
untuk terapi diperlukan waktu kurang lebih sekitar 2 bulan
Insya Allah sembuh.
dan perlu diperhatikan bahwa sarang semut sifat membersihkan racun dalam tubuh dan perlu diimbangi makan
yang bergizi dan buah dan minum yang banyak.

Semoga Allah memberikan kesabaran dan menyembuhkan
penyakit anda.

Nehry BD said...

saya tertarik mengenai tanaman binahong, bagaimana saya mendapatkan bibitnya, saya tinggal di Sumatera Utara Kabupaten Simalungun, berapa harganya dan berpa biaya pengirimannya.

andisup said...

Alamat lengkap ibu dimana?
nanti Insya Allah saya kirim

untuk sementara belum dijual bibitnya
tinggal ganti ongkos kirim saja

Thank dah mampir

Aris said...

Saya pria usia 39 tahun. Akhir2 ini sering terasa pegal2 di kaki. Dari bagian tanaman binahong yg mana yg bs menyembuhkan pegal2 kaki tsb? Terimakasih.

catur said...

Salam.....
Saya tertarik dengan pohon binahong karena saya dpt informasi mengenai binahong dr kawan katanya bisa untuk mengobati segala macam penyakit terutama untuk penyakit dalam.Saya mau mencoba untuk ayah saya yg pasca stroke.Dimana kiranya saya bisa mendapatkan pohon binahong dimaksud,apakah ditukang tanaman ada dan kira2 berapa harganya?klo mo pesen dengan bpk berapakah biayanya?terima kasih

dyah ayu said...

Saya minta tolong alamat lengkap tempat anda memperoleh tanaman binahong. saya perlu untuk skripsi saya. di sana bisa untuk pemesanan dalam jumlah banyak tidak? saya butuh banyak sekali. harganya berapa? terimakasih

kiki said...

wassalam.....ini sy ada sekedar input sy punya tante yg ada kista di kandungannya dan dia minum godokan daun tapak dara dan akirnya dkistanya hilang tanpa menjalani operasi....itu udah di USG beberapa kali dan dokter menyatakan sembuh.... terima kasih semoga bermanfaat...

andisup said...

u/ mba dyah ayu,,
silalan mampir ke rumah
di Taman Jatisari permai blok EE 34
jatiasih bekasi.
butuh daun dan bubit tersedia .

u/ kiki

thank atas info,..ternyata kista bisa disembuh dengan tapak dara,..mohon sekalian takaran dan aturan minum?

ditunggu yah semoga berguna buat kita smua.
jadi lebih murah untuk sakit kista mengunakan tapak
dara,..disekitar rumah banyak,

k4liber said...

Kalo di Bekasi atau jakarta dimana yah saya bisa mendapatkan kapsul obat herbal binahong...??

Terima kasih banyak...

yanee said...

Salam...
Saya tinggal di solo, kebetulan saya punya pohon binahong... udah lama nanemnya... sekitar 2 tahunan... banyak tetangga & teman yg "nular" bibit dr saya.... klo ada yg berniat... silahkan kirim alamat ke email saya : ikhhiyanne@yahoo.com
semoga bisa membantu...
Wassalam.....

ikram said...

salam kenal,
saya berniat untuk menanam tumbuhan binahong dipekarangan rumah, saya di bandung.
bisa bantu saya untuk mendapatkan bibitnya?
terima kasih banyak sebelumnya.
wassalam..

andisup said...

salam kenal juga

pak ikram bisa hubungi

silakan hub temanku teteh Sulistyowati
Jl. purnama 64a KPAD GEgerkalong
Sulistyowati13@yahoo.com

sarwono said...

salam kenal
saya saat ini sedang menderita patah tulang karena kecelakaan dan berminat untuk mencoba daun binahong.
bisa dibantu untuk mendapatkan daun/bibitnya?
saya tinggal di Denpasar, tepatnya di Jl. Serma Katos No.3 Denpasar, Bali.
terima kasih sebelumnya.
Wassalam....

tita said...

kasi tw dunk referensi tenteng binahong.....
gie penelitian ttg binahong niy.....

syaikhu akramuddin said...

Sudah ada di jual dalam bentuk kapsul dari produk tazakka. harganya sekitar 25-30rb an, kebetulan di toko herbal saya ada jual juga. Disetiap toko herbal biasanya ada jual kapsul Binahong ini, kalau ada yg mau beli bisa beli di internet / situs2 obat herbal atau ke saya di syaikhu74a@gmail.com hp. 085296587283 bisa dibantu.

mila said...

tlg donk yg tau kandungannya dikabari segera y..saya juga mw buat penelitian tugas akhir

mila said...

yang tau kandungan binahong tlong dikabari y sgera coz buat pnlitian tgs akhir

saya saja said...

ternyata di rumahku banyak juga tanaman ini..cuma gak tahu buat apa sih..eh ternyata ada manfaatnya juaga tho..
kok saya baru tahu ya?

fahri said...

assalam..
tolng dong!!
da yg pnya usulan ttg ap yg hrs sy teliti???
sy ingin meneliti tnaman binahong

Firman jak-seL said...

Trims Pak Budi aras kiriman Binahong, saya Firman klo ada yang mebutuhkan tanaman tanaman saya ada tanam di pot, saya kasi gratis hub saya 08129050508,trims semoga bermanfaat juga........wass, Firman,cipete jaksel

andisup said...

u/ penelitian banyak yang bisa diteliti,...
misal khasiat binahong buat TB,.....dibanding obat dokter
bihanong buat obat oles panas
dsb

Ririe said...

keren to Informasinya,semoga bagi yg menanam bisa tumbuh subur agar bisa memberi bagi yg membutuhkan.

Best Regards,
Ririe Bandoenk

SANTOSA said...

salam kenal,
mau nimbrung, di yogya saya ada bibit binahong, kalau ada yang perlu, silakan.... tidak ada tarifnya, hanya sukarela ganti mbibit & siram .... santosa

SANTOSA said...

saya ada bibit binahong posisi di yogya kalau ada yang perlu silakan ;tidak pasang tarif hanya suka rela ongkos pembibitan & siram dapat email ke brian.santosa@yahoo.com

titan said...

saya siswi sekolah menengah farmasi yang ingin meneliti apakah ada alkaloida dan kandungan dalam daun binahong.............
bila telah mendapat informasi mohon beri kabar
mkz

titan said...

titanluph3_4ever@yahoo.com
beri kbr di email ini

kartun selebritis said...

saya pernah mengalami sendiri mujarabnya daun binahong.

saat itu salah satu ujung jari saya tergencet pintu besi hingga kukunya lepas. lukanya sampai lama belum kering.

kemudian ada famili yg membawakan daun binahong. 5 lembar daun tsb direbus, kemudian airnya diminum. sehari minum 3 kali. dalam tiga hari saja luka langsung kering dan kemudian berangsur2 kuku saya tumbuh lagi.

utk berjaga2 kalau suatu ketika ada yg butuh lagi, saya tanam bbrp lembar daun binahong di halaman. dengan air yg cukup, daun tsb cepat tumbuh menjadi tanaman binahong yg lebat, tanpa perlu perawatan.

tanaman ini tumbuh menjalar ke atas. batang serta daunnya sama sekali tidak mau menyentuh tanah. apabila dalam pertumbuhannya kemudian batang yg baru ada yg menyentuh tanah, batang tsb akan berbalik arah dan merambat ke atas lagi.

ayu said...

wah pingin tuh sy cb khasiatnya..

Arya Saputra said...

tolong dibantu apakah ada msyrakat yg hanya mnggunakan umbi binahong saja tanpa campuran jenis tanaman lain sbgai obat kencing manis?,bila ada bagaimana cara meracik umbi binahong tersebut?

zaenal said...

tolong saya, diberitahu nama peneliti/judul penelitian yang pernah dipublikasikan di juranal luarnegeri ataupun dalam negeri. biar manfaat binahong ini bukan hanya cerita awam yang belum tentu keilmiahannya, saya yakin kalau keajaiban binahong ini ditunjang oleh hasil penelitian akan lebih mantap toh?

rany said...

ass.wr.wb
klo u/ pendarahan di otak resepnya apa yah?
tolong masukkannya,coz ibu saya bru jatoh di kamar mandi.
terimakasih atas bantuannya
wasalam

rany said...

ass.wr.wb
minta tolong informasinya untuk pendarahan di otak apa resepnya dr binahong?
sy tunggu
thanx wasalam

andisup said...

u/ bung Zaenal setahu saya belum ada jurnal ilmiah untuk khasiat binahong ini,...
baik dalam negeri maupun luar. ada beberapa mahasiswa mo meneliti cuma nga ada kabar lagi,
ini merupakan tantangan bagi kita terutamayang punya akses Lab ( para mahasiswa dan peneliti )
kita tunggu saja.

u/ mba rany
kondisi ibu anda sekarang gimana ,..pendarahan otak
dirumah sakit kah?
saya belum punya pengalam untuk hal yang satu ini.
mungkin teman punya pengalaman untuk bantu.
mesti untuk penyembuhan luka dalam dan luar binahong bisa
dipakai baik umbi dan daunnya.

joewono said...

Ass, pak Andi.
saya joewono, sejak 3 tahun lalu divonis penyempitan jantung selama ini berobat dokter dengan biaya yang cukup besar , apakah binahong dapat menyembuhkan penyempitan minimal mengurangi plague yang terbentuk tersebut ? Dan bagaimana untuk memperoleh tanaman tersebut ? Saya tinggal di Jatiwaringin - Bekasi.

andisup said...

Wa alaikum salam
saran saya untuk penyempitan jantung /Bocor
bisa dipakai Tanaman sarang semut
berdasarkan pengalaman dibuku Gempur penyakit maut dengan sarang semut
Insya Allah sembuh.
bisa juga pakai binahong karena binahong tidak ada efek sampingnya.
tidak ada salah dicoba Ikhtiar salah satu nya,...dengan catatan jangan dicampur dengan herbal lain.
kedua herbal tersebut saya punya

U/ mba rany silakan coba resep daun binahong 10 -12 daun sehari bisa dijuz campur madu atau rebus .

rany said...

ass.wr.wb
kmarin saa dikasih daun binahong sm tunangan sy,sy ksih minum ke ibu & hamdallah ada perubahan,tp pas hbis ko ngdrop lg ya mas??
trus susahnya skrg cr binahong coz dah banyak yg komersilin besar2an
tolong infonya kl ada yg punya pohonnya
thanks

gitta said...

waktu anak saya mengikuti mata pelajaran renang ,dikamar mandi ada keramik yang bolong dan anak saya terpeleset hingga terjatuh.
dan sobeklah telapak kaki kanan jempolnya ,di kolam renang hanya dibalut kain kasa dan obat merah ,sedangkan darah terus keluar.sampai dirumah saya ganti kain kasa . ...........langsung saya ...tumbuk daun ......BINAHONG.......beberapa lembar...hari ke3 ...tersandung lagi dan saya tambahkan tumbukkan daun binahong...pd hari ke7 sy coba buka ...dan sy kaget karna telapak kaki kananjempolnya sudah bagus lagi dan halus

Dede Hilaludin said...

Kami membudidayakan Binahong. Lokasi : Limo Depok.
Kontak personal : Dede
Telp. : (021)99489580

Salam,
Enha Farm


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes