Friday, March 23, 2007

Cara Membuat Jamur Dipo

Membuat air teh Jamur Dipo tidak lah sulit




Tinggal anda sediakan koloni ( jamur kambucha), air teh manis dan sediakan botol /toples dari gelas. buatlah air teh seperti membuat teh manis lebih baik biar rasa air hasil fermentasi enak berilah gula lebih banyak , terus biarkan sampai dingin air tehnya ( karena kalau masih panas menjadikan jamur Dipo mati kena air panas teh).




terus siapkan toples gelas ( lebih dahulu pastikan kebersihannya kalau perlu cuci dengan air panas ) tuangkan air teh manis dan masukan jamur dan tutuplah toples gelas. berilah air teh jangan penuh sisa sebagai ruang udara apabila anda mengunakan penutup yang kedap udara . biarkan sampai 3-4 hari ( semakin lama khasiat obat semakin bagus) pada masa ini air teh mempunyai rasa yang nikmat,rasa masih manis keasam asaman. kalau sudah 7 hari rasa asam dan semakin lama semakin asam seperti air tape tapi asam. Untuk yang mempunyai penyakit maag jangan khawatir untuk meminumnya tapi air teh jamur tadi harus di tambah dengan air putih secukupnya untuk mengurangi rasa asam dan kalau rutin meminum Insya Allah penyakit Maag sembuh.




Bisakan air teh dengan jamur dengan mengunakan saringan lalu masukan kedalam botol ( bisa dari botol minum dari beling ) dan tutup masukan dalam kulkas biar lebih nikmat boleh juga di langsung di minum dengan konsumsi setengah gelas sampai satu gelas untuk kesehatan bisa diminum pagi dan malam . Rasakan Khasiatanya dalam 3 hari rutin meminumnya




dari pengalaman penulis mengkomsumsi air jamur teh ini Alhamdulillah pusing pusing,flu, pegal pegal yang biasa di rasakan sehari hari hilang. dan dari pengalaman tetangga yang coba komsumsi untuk asam urat berangsur angsur sembuh .




anda tertarik meminumnya?




selamat mencoba kalau ada hal yang perlu ditanyakan silakan beri komentar ?




lebih jelas lihat web di bawah ini untuk cara membuatnya




"http://www.kombu.de/anl-ind.htm">

77 comments:

A. RAMSEY said...

Saya sangat tertarik untuk mengkonsumsi Teh Kambcha tapi dimana saya bisa mendapatkannya

A. RAMSEY
email address hanna_ramsey@yahoo.co.id
Perumahan Kota Hijau
Jl. Raya Daksa CL.2 No,25
Balikpapan - 76115

andisup said...

terimakasih dah berkunjung di website
saya yang sederhana ini
saya ada dirumah,..
agak tipis siee,..karena dah saya kasihkan
klo ada berminat saya berikan gratis
tolong jaga dan dirawat
tinggal ganti ongkos kirim saja
soal alamat saya di jakarta

sulis said...

wah...nuhun buat informasinya
gimana cara ndapetin jamurnya nih

johnner pasaribu said...

saya punya bibit jamur dipo kalau ada yang membutuhkan silahkan hubungi saya akan saya bantu trims

Prima Chaya Pradana said...

saya mempunyai jamur dipo dan saya ingin menganalisis kandungannya.Kalau ada yang tahu mohon hubungi saya

ferdianto said...

saya baru tahu informasi teh kombucha dan sangat tertarik untuk mengkonsumsi dan membuat sendiri teh tersebut.
bagaimana untuk mendapat jamurnya?

andisup said...

Terima kasih saudara ferdie
atas kunjungan
di Web sederhana saya

kalau anda ingin jamur teh Kambucha
saya punya di rumah

anda tinggal dimana?

untuk bung prima
untuk kandungan yang terdapat jamur teh
silakan buka
“http://www.kombu.de/anl-ind.htm”>

semoga saudara anda termasuk orang orang yang cinta tanaman obat

Thank

Saud said...

saya punya jamur dipo, tapi takut minumnya, katanya ada efek sampingnya

andisup said...

bung saud
Terima kasih atas kunjungan semoga nada termasuk orang yang cinta tanaman obat.

nga usah takut minum.
selama proses pembuatanya sesuai petunjuk.
anak saya juga sering minum karena menderita radang amandel
( nga bisa makan chiki dll )

dengan takaran setengah gelas dicampur madu atau gula supaya rasanya enak.
alhamdulillah sembuh keesokan harinya .

ada Hal yang perlu di perhatikan
1.untuk sakit Maag
ada bebapa efek samping apabila anda mempunyai sakit Maag
karena usia air jamur teh di toples 7 hari ke atas agak asam
jangan coba langsung meminum ada saudara lupa bahwa di sakit maag langsung minum usia air jamur teh lebih dari 2 minggu lagi. langsung lambung nga karuan
karena terlalu asam. baru sembuh minum air putih yang banyak.

u/ bisa diatasi dengan mencampur dengan air teh manis dingin atau air putih dicampur kira kira
supaya tidak asam.bisa dicoba sedikit klo tidak asam boleh diminum.
Insya Allah dalam beberapa hari sakit maag ( radang lambung)
berkurang dan sembuh.

2.untuk diabetes
kedua untuk sakit diabetes (kencing manis )
usia air jamur teh harus 14 hari jadi benar kadar gula sudah terurai.

untuk pemula sebaiknya meminum bertahap dari mulai 1/2 gelas baru tingkatkan menjadi satu gelas .
3.Wanita hamil muda tidak boleh meminum air teh Jamur

untuk penangan sakit sebaiknya banyak banyak minum air putih supaya
proses pengeluaran racun racun ditubuh bisa semakin cepat.

selamat mencoba.

sudaryana said...

Saya sangat berterimakasih sekali, karena dengan membaca article bpk, cukup membantu saya untuk memahami apa itu jamur teh yang jadi penasaran saya. Cuma bagaimana saya bisa mendapatkan jamur teh ini pak? Saya pengin memeliharanya dan pengin minum jamur teh ini untuk kesehatan tentunya.
HP saya: 085977809258, e-mail saya: sudaryana@shinetsubatam.co.id. Saya ada di Batam.
Kalau tidak keberatan saya minta dikirimi jamur teh ini. Syukur kalau free. Tapi kalau harus bayar ya tak apa asal jangan mahal-mahal.
Alamat saya: Legenda Malaka Blok B5 No. 22 Batam Center.

Salam kenal, mudah-mudahan bisa menambah saudara.

danu said...

alo Pak Andi
saya mau nanya apabila teh kombucha sewaktu diminum
ada sedikit rasa pedas di tenggorokan dan mempunyai bau yang agak apek (bau ga sedap) tapi baunya ga parah2 banget sih... rasanya pun asam dan cukup enak
karena saya suka asam...
apakah masih aman dan tidak terkontaminasi??
karena bau nya itu cukup mengganggu...

thx

danus said...

oh ya mo nanya lagi mengenai pembuatan teh kombucha
jamur kombucha dibersihkan
lalu toples dibersihkan
dan seluruh air teh manis adalah air teh manis baru apakah boleh??

soalnya saya liat di beberapa artikel dibutuhkan 10 persen air teh kombucha lama... jadi tambah2 hin air aja
mana yg benar?
thx

Fendy said...

saya mo tanya? Jamur Dipo dengan Jamur Teh biasa sama ga? Trus kasiatnya untuk mengobati penyakit apa saja? kalo bisa saya jg ingin membudidayakannya. mkasih ya

capoone_07@yahoo.co.id

andisup said...

Salam kenal pak danu dan pak fendi

itu rasa pedas bukan pedas mungkin agak keras (

sebaiknya untuk pemula minum sedikit 1/4 gelas)
dan jangan lupa banyak minum air putih untuk pembuangan
racun di tubuh .
rasa sangat keras di tenggorakan dan sangat berkhasiat Insya Allah untuk penyakit yang bandel.
( seperti mirip gurah tengorokan )


1.4-6 hari manisnya gula masih terasa dan lebih dominan
( rasa teh ini benar enak dan nikmat manis sedikit asam dan segar ) ini bisa untuk pertahanan kesehatan dan penyakit ringan
2.7-9 hari sudah mulai asam rasa apel juice
3.10 hari ke atas ( rasa asam dominan )

untuk pak fendi
jamur tanpa menambahan air juga tidak apa2
cuma proses fermentasi lebih lama sedikit
kalau saya biasa sering tanpa air jamur yang lama
biasa untuk benar menghasilkan dari jenis teh yang diinginkan dan kebersihan air teh.
ditambah 10% itu lebih baik lagi proses fermentasinya lebih cepat.

jamur teh Kombucha sama dengan jamur dipo
tapi beda dengan air teh jamuran.
kalau air teh jamuran nga boleh diminum nanti sakit perut
heh heh,.....

thank atas kunjungannya
semoga anda termasuk pecinta tanaman herbal.

Epsensyah, Jaktim said...

Pak Andisup .... saya juga tertarik dengan jamur kambucha ... tapi juga ingin mengetahui apakah air teh kambucha ini juga bisa mengobati tumor.
Terima kasih atas jawabannya.

andisup said...

Terima kasih atas kunjungannya.
kalau menurut data yang saya dapat
Insya Allah bisa.
dalam proses fermentasi menurut saya harus lebih dari 2 minggu.dan harus
diimbangi dengan meminum air yang banyak.
dan sabar dalam proses penyembuhan baru terasa
5-7 hari dan harus dilakukan secara rutin.

kalau dilapangan yang baru terbukti dari pengalaman pribadi

1.rematik menahun
2.Radang Amandel
3.Eksim ( memerlukan proses bertahap)
4.kecapaian
5.Maag
6.Diabetes ( kencing manis )
7.Pertahan tubuh dari berbagai penyakit.

untuk Tumor dan kanker
bisa di coba dengan Tanaman sarang semut, atau akar teratai. mahkota dewa +kunyit putih.

selamat Mencoba

menli said...

salam kenal bro...
mau tanya nih...untuk mendapatkan bibit dan cara pembiakannya dimana dan bagaimana?
saya ada di Bali....
tolong kasih pencerahannya, soalnya saya sangat tertarik untuk mencobanya.
trima kasih sebelumnya.

andisup said...

salam kenal juga frends

bibit saya ada
dan bisa dikirm lewat TIKI atau yang lainnya.
untuk prosesnya pembiakanya
seperti diatas sudah cukup jelas
jamur akan bertambah tebal dengan ukuran toples
terlihat klo sudah berumur 1 bulan ke atas.

thank

lukman zaidi said...

Dh, salam kenal, saya kenal jamur Dipo sudah lama tetapi waktu itu 10 thn yg lalu dosisnya salah, sehari cuma 1 sendok makan jadi hasilnya kurang meyakinkan, 2 bulan yang lalu ketemu sobat, yang merekomendasikan, menurut beliau yang
SGPT/ SGOT pernah 400 setelah minum Jamur jodo selama2 bulan sekarang kembali normal 36/ 44 , oleh karenanya saya sdh membuat lahi air "KOMBUCHA " tsb, pertanyaan, saya ada
keturunan Diabit, dan dengan olah traga harian dan diet makanan hampir 20 tahun ini (saya umur 62 th ) alhamdulillah, terkendali gula darah saya dan saya relativ sehat (masih bisa nyetir Jarak jauh dimalam hari, pertanyaan : saya coba meminum
air kombucha setelah 14 hari kok rasanya masih ada manisnya ? karena lama diet "nggak pernah minum minuman dg gula " ,saya peka terhadap minuman dg gula, apakah gula yang saya rasakan di air kombucha,tidak akan menaikkan gula dara saya?,trima kasih atas perhatiannya. Wass Lukman Zaidi

andisup said...

Assalamuaikum wr wb

pak Lukman Zaidi

Air kombucha usia 14 hari
rasa asam lebih dominan kalau pun ada manis sedikit sekali itu aman.
(manispun beda dengan air gula tanpa jamur teh)
itu aman Insya Allah buat pederita Diabetes.

karena dalam 7-14 air gula sudah terurai.
dari pengalaman teman saya seorang supir
DI RAPP pekanbaru saya kasih bibit jamur dan beliau
konsumsi usia air jamur 14 hari Alhamdulillah ,..tidak ada kenaikan kadar gula.

kalaupun pak lukman ragu,..lebih coba minum air jamur teh lebih 14 hari misal 21 hari
khasiat obat lebih bagus.
jangan lupa harus dibarengi minum air putih yang banyak.
mungkin itu saja

salam kenal juga semoga pak lukman diberi kesehatan oleh Allah dan sukses selalu.

Thank dah mampir ke blog saya.

Lukman Zaidi said...

Ass WW,Pak Andisup, terimakasih atas info tambahan, perlu masukan tambahan , saya dengan olah raga jalan cepat setiap hari jam6.00 sehabis subuh dan menunggu munculnya matahari Pagi,waktu jalan kurang lebih 50 menit, saya yang keturunan dari ayah diabetes, ditambah diet tidak minum minuman bergula langsung mulai umur 40 ( sdh 21thn),terkontrol gula darah, effek2 samping diabet tidak muncul, saya mulai minum kambucha 3 hari yang lalu, apakah ada efeknya nanti saya laporkan setelah seminggu dg cek darah total, kemudian setelah 2minggu, insya Allah jadi masukan yang baik untuk komunitas penderita Diabetes.Wass LLukman Z

menli said...

Mas Andi, saya mau dikirimkan bibitnya...Tolong dicek emailnya, thanks.

Evie Novita said...

Pak Andi, saya tertarik dengan minuman teh Kombucha ini, ada bbrp hal yg ingin saya tanyakan. Apakah hanya teh hitam saja yang dapat digunakan dalam pembuatan teh ini? Bila menggunakan teh yang lain seperti teh merah atau teh hijau apakah jamur masih bisa melakukan fermentasi? Yang kedua, apakah teh ini boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang menyusui? Terima kasih pak atas perhatiannya

andisup said...

untuk jenis teh disarankan mengunakan Teh Hijau
lebih bagus untuk khasiat obat.
Teh hitam juga boleh, untuk teh merah selama dari tanaman teh aman untuk dikomsumsi dan jamur berkembang.
untuk teh merah rosela tidak disarankan

( belum diteliti kandungan obat nya berkurang atau bertambah bila di fermentasi karena tanpa difermentasi teh merah rosela sudah banyak khasiatnya)

Perlu diingat untuk pemula sebaiknya meminum dari mulai 1/4 gelas dan seterusnya ditingkatkan sampai satu gelas
atau sesuai selera.

untuk ibu menyusui aman dikonsumsi kecuali
Ibu hamil tidak boleh di khawatifkan janin tidak berkembang atau ke guguran .
selamat mencoba dan menikmati air teh jamur

faridha said...

saya tertarik untuk mengkonsumsi dan membiakkan sendiri jamur kombucha,tapi dimana saya bisa mendapatkan bibitnya?saya tinggal di kota kediri jawa timur.kalau ada informasi tolong hubungisaya.terimakasih.

Prayogo Sedjati said...

Ass wr wb, Pak Andisup, saya umur 56 tahun, minggu lalu saya melakukan test lab dan ternyata banyak terjadi pengapuran di pembuluh darah. Saya pernah baca artikel bahwa kambucha sangat manjur untuk meluruhkan pengapuran, apakah sudah ada bukti di Indonesia? Kalau boleh tahu alamat Bapak dimana? Saya ingin membiakkan sendiri ttp membutuhkan bibit jamurnya. Saya bersedia untuk mengambilnya sendiri sekalian belajar langsung dari Bapak. Terima kasih banget atas bantuannya.
Wass. Prayogo Sedjati 021-719-3041/0855-102-1003

andisup said...

Wass wr.wb.
Salam kenal pak Prayogo

Untuk penyakit pengapuran atau yang populer itu sebut Rematik atau Asam urat dan termasuk pengeroposan biasa di derita diusia 40th ke atas.
Insya Allah untuk air jamur Teh Kombucha sudah terbukti
dan menurut bukti bukti dilapangan ( tetangga rumah setelah konsumsi alhamdulillah sembuh dari sakit ini
dan beberapa sahabat yang saya beri jamur teh )
cepat sembuh dibanding untuk penyakit lain.
saya tinggal TJP jatiasih bekasi
kalau kantor di daerah rawamangun lebih jelas aku email
silakan kalau mau silaturahmi.
semoga pak prayogo sehat selalu baik lahir dan bathin.

Erna said...

Pak Andisup, terima kasih atas informasi mengenai khasiat daripada teh jamur dipo dan kesediaannya untuk membantu kami mendapatkan jamur dipo.
Pak Andisup jika tidak keberatan, tolong informasikan kepada saya no telp bapak yang dapat dihubungi atau tata cara pembayaran DHL, dll.
Atas perhatian dan jawabannya, saya ucapkan terima kasih.

Rini Andriani said...

Salam kenal pak andi,

Terima kasih atas informasi yang sangat saya butuh kan karena Ibu saya punya penyakit asam urat, mohon bantuannya untuk mendapatkan jamur Kambucha dan biaya yang harus saya keluarkan (pengirimannya).
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih .

Tommy said...

Salam Kenal Pak Andisup,
Saya mendengar teh kombucha ini dari teman, saya tertarik terus goggling dan nemu blog Bapak. Yang saya ingin tanyakan bagaimana cara mendapatkan starter jamur nya pak? Apakah bapak punya? Jika ya, berapakah harga starter dan ongkos kirimnya pak? Lokasi saya di Jakarta.
Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

bayu said...

salam kenal bapak, saya ingin sekali mendapatkan bibit jamur dipo ini. bgm prosedurnya, gratis or bayar,kalo byar brp,ongkos kirimnya bgm.big thanks.saya tunggu sgr jawabannya.nb:saya tinggal di jember,jawa timur.

Dunant Arief said...

Pak Andi...salam kenal, saya tertarik sekali mendapatkan bibit jamur dipo...bila berkenan ..mohon informasi brp biaya yg hrs saya bayar untuk mendapatkannya.. saya tinggal di Ceger, Jakarta Timur. Insya Allah bulan Juni dah pindahan ke ke TJP DA/21 Jl. Rinjani I.... Tetangga kan?

dewi said...

Siank,
saya pengen tau nich kasiat dari jamur dipo??
apa benar bisa sebagai obat sakit Lever?? dimana saya bisa dapatin jamur dipo??
bagi yang tau bisa tlg kasih info ke saya??
di dewi_setiati@yahoo.co.id

thx alot...
GBU

andisup said...

sore juga,..mba dewi
salam kenal
untuk pengobatan liver dengan air jamur dipo menurut saya belum terbukti
dan sebaik cari pengobatan lain yang sudah terbukti secara empiris.

untuk mengobati liver
yaitu bisa dengan tumbuhan sarang semut
atau extras temulawak ,bisa juga extras kunyit putih
Insya Allah sembuh.
untuk bibit jamur teh kombucha saya ada.

Gunawan said...

Dear Andi,

Apakah bahan baku harus dari teh hijau/hitam/goreng atau spesifik apa ya??
Bagaimana jika bahan diganti dengan rosela atau mahkota dewa??

Atas jawabannya banyak terimakasih,

Salam,

GGN

andisup said...

untuk pak dunant arief
di tunggu di rumah silakan mampir dari rumah anda nga jauh kok.

untuk pak gunawan
yang saya tahu harus dari jenis tanaman teh bisa teh hijau atau teh hitam atau sejenis rumput teh.
dan yang terbaik adalah dengan teh hijau.
kalau untuk rosela atau mahkotadewa saya belum coba bisa nga bibit mati atau nga dan dampaknya kalau diminum mempunyai khasiat obat atau tidak bahkan bisa membahayakan, belum ada yang mencoba.

Thank atas kunjungannya dan responnya

Normanto said...

Salam kenal Pak Andi Supriono,

Setelah membaca artikel Bapak, saya tertarik dan sangat membutuhkan bibit dari jamur dipo tersebut, apakah Bapak bisa membantu saya untuk mendapatkan jamur tersebut? Jika bisa, berapa harga untuk pengganti jamur tersebut. Semoga Alloh membalas kebaikan Bapak.

Salam hangat,
Normanto
normanto2003@yahoo.com
Jl. Bungur 6 No.118 Rt.01 Rw.07
Perumnas 1 Bekasi Barat
+62.812.8205918

andisup said...

Salam kenal juga bung Normanto

dirumah ada silakan bapak kalau ada waktu kerumah saya
di jatisari permai blok EE 34
sebelum telp dulu.
thank doanya

Yoyo said...

Bagus banget, saya juga mo nyoba,
kalo di Jogja dimana bisa didapat?

Purnomo said...

mas Andisupriono, blog anda bagus banget. bisa tolong bantu kirimkan jamur dipo ke alamat saya :
jl. Kasuari RT 06 no. 58 Kuala Kencana Timika - PAPUA
(bintangpurnomo@yahoo.com) +62.812.400.911.91
Untuk harga dan ongkos kirimnya berapa?
Oh ya, di Papua khususnya Timika belum ada stockis DT-88, bagaimana kalau saya butuh produk tersebut? terima kasih sebelumnya.
Wassalam

denista79 said...

ass wr wb,

Pak andisup anak saya sekarang ini menderita penyakit Exim Basah (sudah 1 tahun penyakitnya) sudah bermacam-macam pengobatan saya lakukan tetapi tetap saja bandel..

Bisa Bapak jelaskan bagaimana cara pengobatan exim basah dengan jamur dipo?

Dimana saya bisa mendapatkan jamur dipo?

Terima Kasih

denista79 said...

Dear Pak Andisup

Saya sangat membutuhkan bibit Jamur Dipo, Lokasi saya di Bandung, mohon info bagaimana cara mendaptkan bibit Jamur dipo tersebut?

mohon infonya ke inboxnia@gmail.com

Terima Kasih
Nia

Nurdin said...

Pro P andi,

Salam kenal sebelumnya, sy sudah punya & sudah menkonsumsinya. Sy mau tanya, apa tanda2 kalo jamurnya mati? keliatannya kok jamur saya gak gede2, butuh berapa lama untuk membesarkannya ya Pak? trus penutup toplesnya pake kain boleh kan? trims infonya.

juliana.s said...

alo pak andisup sy sngat trtarik dgn jamur kombucha,dan bgm saya bs mndptkanya,mohon bpk mau mnbntu saya,kl saya mnbeli berapa y harganya,n boleh sy mnta tlp bpk,sblmnya thx y bpk mau bls ke amail sy jesslyn.o@gmail.com

andisup said...

Dear All

thank atas semua respon nya :

Mohon maaf sebelum baru sempat balas
baru sempat ke warnet soal lagi jauh dari Jakarta lagi di tarakan kaltim.

untuk mas yoyo di yogya saya blum tau bisa didapat dimana
tapi klo mas yoyo bersedia ntar saya kirim lewat anak yogya.

Thank atas responnya mas purnomo

untuk Denista

untuk eksim basah Insya Allah bisa sembuh dengan Terapi Jamur teh kombucha cara bisa diminum 3 kali sekali dalam satu hari satu gelas untuk awal bloh dicoba setengah gelas dulu
usia fermentasi air tehnya kurang lebih 10-14 hari
jangan lupa minum air putih yang banyak karena prosesnya mengeluar racun tubuh.

untuk pak nurdin

Tanda Jamur mati:
1.jamur berwarna hitam atau putih pucat dan ada jamur lain
diatas yang berwarna hitam
2.Kalau kita tekan dengan jari mudah hancur seperti bubur
mestinya kenyal seperti daging kelapa muda
3.tidak berkembang diatas ( timbul bibit kurang lebih 3-4
minggu ) biasa timbul jamur lain
bibit awal tidak membesar seperti asli tapi timbul diatasnya sesuai wadah /media toples semakin besar toples semakin besar pula calon bibit.
boleh dan sebaiknya pakain yang bersih ( steril)

JULIANA.S said...

salam buat bpk andisup
pak sy sangat mnbuthkn kombucha, apakh bpk brsedia mnbagikan utk sy,lokasi sy ada ditaman palem lestari blok g 2 no 7 cengkareng jak-bar,kl nanti sy sdh brkembang biak sy akan mnbagikan kpd orang yg mnbutuhkannya,seperti bpk yg berjiwa sosial ini, semoga tuhan dpt menbalas kebaikan bpk.
ongkos krm brp tlg diberitahu y pak.tlp 02168270050
terimaksh seblumnya.

Supriyono said...

Salam knal mas andi,
Infonya oke bgt! Aku udah punya jamurnya,dikasih dr tmn.yg sy minum,biasa umur fermentasi 10hr.efek stlh minum kok ngantuk,apa bner itu?.sy jg biasa minum air pth.utk pengembgbiakan itu bgmn? Boleh dipotong ato dilepas lapisanya itu?mohon petunjuknya.soalnya mau sy bagi2kan ke tmn yg lain.
Maturnuwun,sy tunggu jwbanya.
Smoga anda slalu dilimpahi rahmat-NYA.

andisup said...

Masprie

Untuk Efek masih masih berbeda,...
kalau mengantuk ,...mungkin kondisi badan anda letih,...
sebaiknya kalau badan dalam kondisi sehat cukup sekali sehari meminumnya.bisa dimalam hari.
sebaik usia fermentasi agak lama untuk bibit yang cukup tebal
1 bln. diambil lapisannya boleh.dipotong juga gpp.

Sama sama
Semoga sukses buat anda

juliana.s said...

salam kenal buat pak andi,

lgsng saja prtanyaan saya y pak,
saya mulai fermntasi kombucha,skrg sdh 7 hari dipermukaan air
ada selaput tipis,kata org itu anaknya,dan bgm saya mau ambil
air kombucha sedangkn diprmukaan air ada selaput tipis,kl saya
biarin air kombucha brtmbah asam,dan hrsnya bgm mhn petunjuk dr pak andi,trims pak andi atas petunjuknya

wulan said...

salam dari surabaya pak andi,

langsung aja pak andi mau tanya saya belajar memelihara jamur kombucha tapi tidak punya pembanding, dan baru pertama kali mencobanya. Tanya bagaimana bentuk permukaan baby kombucha saat 7 hari pertama di fermentasikan, sebab kombucha saya warnanya sedikit agak berbintik bintik hitam kehijauan apa ini terkontaminasi dengan bakteri yang berbaya ? bagaimana caranya untuk memperbaikinya agar menghasilkan kombucha yang sehat dan bermanfaat? apa masih bisa dipakai jamur combucha tersebut ? Bagaimana caranya ya sebab saya punya satu itu saja. di Surabaya dimana saya bisa dapatkan baby kombucha ? terimakasih pak Andi.

ibu wulan-surabaya,

andisup said...

untuk mba juliana
ambil saja air nya tuang dalam gelas pelan pelan
supaya baby tidak pecah kedalam gelas ( sebelum disiapkan saringan ) supaya hasilnya bersih dan siap diminum.
mudahkan. dan jangan lupa membuat kembali.

u/ bu Wulan di surabaya

betul Bu itu sudah terkontaminasi ( berbintik kehijauan )
bukan bakteri tapi jamur lain.
Sebaiknya air teh jamur dibuang saja dan baby juga.
cuci bersih bibit jamur dengan air matang dingin atau AQUA.

dan supaya tidak terulang wadahnya dicuci bersih pakai air
panas keringkan dan siapkan penutup yang steril .

selamat mencoba

juliana said...

pak andi,boleh tnya lg y,
kombucha dipermukaan air yg tipis,itu harus dibuang apa tetap direndam lg brsma induknya,kl dari pntunjuk pak andi dituang secara pelan2 jgn smpi pecah,kegoyang sedikit aja udh gk nempel lg dgn kaca toples,otomatis ikut klr dg air nya,
pak bgm bentuk kombucha kok ada yg tebal bnget tdk ada lapisannya bentuk spon, bukan bentuk ubur2,
dan bgm cara merawatnya,supaya bs brbentuk spon,

mohon petunjuk pak andi sekali lg,dan tak lp saya mngucpkn
trmhksih sebyk2nya dari juliana jkt.

andisup said...

mba juliana

biarkan saja kalau usia fermentasi 2 minggu tipis sekali
jadi pelan nuangnya.
itu tergantung usia fermentasi dan gerakan pada benjana bisa berpengaruh.
untuk menghasilkan bibit yang tebal
(seperti spon)
siapkan wadah beling sendiri tuangkan air jamur hasil fermentasi
kurang lebih 1/2 dari bejana diamkan sampai satu bulan atau lebih ( amati setiap 2 minggu semakin tebal muncul dipermukaan ) taruh ditempat yang sejuk dikulkas juga boleh.
mungkin itu
dulu selamat mencoba

joe said...

pa saya tertarik mau mencoba bisa di kirim bibitnya ke alamat saya : jl.lombok 2 no.132 rt.04/07 perumnas 1 tangerang saya ganti biaya pengirimannya pake pos/tiki kalo boleh sih gratis
email : indarto3012@yahoo.co.id

Supriyono said...

Trims,atas saran2nya yg dulu itu mas andi.alhadulillah sejak rutin minum air teh kombucha,sekarang jd gag gampang capek,slalu fit.flu jg gag mempan tuh.olahraga tiap hari oke.jamur dipo yg dulu dr tmn itu.udah jd byk.dan sy bg2kan ke tmn. Berkat infonya mas andi kita jd sehat,sekali lg.maturnuwun mas.semoga anda slalu dlm lindungan-NYA.

andisup said...

Alhamdulillah mas supri
salam buat teman teman disana
terima kasih doanya

Semoga Mas pri juga sehat
dan sukses

Martin said...

saya menyediakan bibit jamur DIPO alias KOMUCHA yang sudah siap untuk di konsumsi...

jadi yang berminat konek g aja...
di martinmaralex@yahoo.co.id
OK sip...

deni said...

minta alamatnya yang lengkap donk! saya ingin jamur dipo tp saya tidak tau dimana saya bisa dapatkan itu! tolong kirim alamat penjual jamur dipo terdekat dgn tempat tinggal saya saya tinggal di Bandung! dan alamat anda dengan lengkap tolong kirim ke email saya!

merry said...

pak kenapa baby kombuca saya akhir2ini tumbuh tidak bisa tebal (tipis), walaupun airnya masih rasa segar. Saya membuatnya antara 7- 9 hari. Awalnya tumbuh bagus baby tebal kira2 5-6 mm.

andisup said...

mba merry
ada beberapa kemungkinan karena air jamur sering diambil.
ada beberapa teknik untuk menghasilkan bibit.
air jamur hasil fermentasi 10 hari lebih siapkan toples sendiri
dan tuangkan sampai 1/2 toples s.d. 3/4 dan tutup rapat masukan dalam kulkas
tunggu sampai 3-4 minggu atau lebih bibit siap untuk di ambil
untuk sampai tebal benar dibutuh waktu 1 bulan lebih.
selamat mencoba.

hudi said...

saya punya kom bucha ini pak beli di pameran cukup mahal, beberapa kali saya minum rasanya saya suka seperti minuman supplement panther, m125 bisa, extra joss gitu. tapi pernah satu kali saya minum tiba-tiba kepala pening, keluar keringat dingin dan muntah-muntah hebat, apa saya keracunan jamur ini. apa sudah terkontaminasi. sejak kejadian itu saya ga berani minum lagi. bagaimana supaya jamurnya sehat.

andisup said...

salam herbal
saya belum bisa pastikan bapak jamur kombucha ,..
kemungkinan yah atau memang ada sesuatu dalam diri penyakit sehingga dibuang lewat muntah.
bila memang air jamur sehat (artinya orang lain coba tidak apa apa)

..yang saya tahu,..biasa akan diare,..bila jamur terkontaminasi.
ciri jamur terkontaminasi sebenar sederhana
1.liat permukaan jamur,..biasa ada warna kehitaman seperti spora
2.dari rasanya nga enak,..pahit,..kayak air comberan

terkontaminasi disebabkan jamur dalam toples terbuka,waktu pembuatan awal
sehingga segala macam makhuk masuk,..semut,..alat (bawa bibit belatung)
kurang bersih wadah atau toples,...( sebaik dicuci bersih dan direndam air panas)

Pasca panen sebaik ,..bibit dicuci bersih dan begitu juga toples.
dan ditutup rapat.
Dan ingat toples harus beling/gelas jangan plastik.
mungkin itu saja,...dari yang lain ada yang mo menambahkan.

bintoro said...

saya pernah menanam jamur teh ini tetapi sudah mati sewaktu saya pindah dari jakarta ke jawa timur akan tetapi saya dua bulan sekali ke jakarta untuk urusan pekerjaan kalo boleh tau alamat bapak, saya ingin menanam kembali, dan mohon infonya untuk bibitnya dimana saya bisa mendapatkan apa mungkin bapak menyediakan? Trimakasih

rudy said...

2 minggu yang lalu saya coba memelihara kombucha, saya beli yang sudah ada baby nya tipis di dalam toples. waktu saya beli toples tertutup rapat dan katanya harus diganti tutupnya dengan kain, maka toples kombucha saya tutup dengan kain hitam , setelah 1 minggu saya lihat baby kombucha nya ada bintik - bintik hitam, mungkin dari serat kainnya yang berwarna hitam. karena takut rusak maka saya buang baby nya. kombucha dewasanya yang tenggelam saya masukkan kembali ke toples tanpa dicuci, tapi saya kurang tahu posisinya terbalik atau tidak, apa ada bedanya ? setelah dimasukkan ke dalam toples dan ditambah air teh manis kombucha dewasa itu kembali terapung, saat ini toplesnya saya tutup pakai tisu tebal, karena takut kalau pakai kain berwana nanti ada serat2 kain yang masuk kedalam toples.
bagaimana cara membedakan bagian atas dan bawah dari kombucha ?
terimakasih

andisup said...

Sebaiknya kalau sudah pasti ada bintik titik hitam seperti spora airnya di buang saja ,..dan Jamur dicuci
dan jangan lupa toples dicuci bersih dan dicuci dengan air panas dan ditutup kain yang bersih ( kain hitam saya rasa bukan penyebab bintik hitam tapi kebersihan toples dan kain.)
tuk membedakan mudah permukaan yang diatas lebih halus coba dipegang dengan tangan dam
yang dibawah agak kasar.terbalik sebenarnya tidak masalah tapi hasil baby yang kurang bagus .berantakan.

Frans Firdaus said...

Tolong donk bagaimana caranya saya bisa mendapatkan jamur dipo.
saya tinggal di Bontang Kaltim.

Atas infonya kami ucapkan terima kasih banyak

andrew said...

saya tinggal di nias ... sudah lama dengar tentang khasiat jamur ini tapi tidak tau dimana harus memesannya. saya mohon infonya dan berapa biaya nya. terima kasih.

nurendisyah said...

bagaimana cara pembibitan jamur teh? apakah dari suatu indukan jamur dapat dihasilkan indukan-indukan baru yang baik?

Bardot said...

Pak. mau nanya. saya sudah 3X kali mencoba membuat larutan kombucha gagal. setelah beberapa hari larutan itu dibuat diatas larutan teh/diatas jamur kombucha tumbuh jamur bintik2 berwarna hitam. Bagaimana cara membuat larutan kombuchasehingga tidak tumbuh jamur bintik2 diatasnya.
Terima kasih atas bantuannya.

noviar rizal said...

Ass wr wb.

pak Andi Supriono, kalo berkenan saya minta tolong dikirimkan jamur dipo , soalnya saya tertarik untuk mencoba , kalo memang bagus , nanti saya berikan untuk kakak kakak saya yang kolestrol tinggi, asam urat tinggi , masalah kegemukan
alamat saya di jalan cemara i no.3 rt.39 perumnas kayu tangi banjarmasin kal-sel , terima kasih banyak atas kebaikan bapak


ttd


noviar rizal

andisup said...

jamur bibit harus hidup
toples dicuci pakai air panas lalu dikeringkan
toples ditutup pakai kain bersih
simpan ditempat yang sejuk atau bersih
mungkin itu pak bardot ,...saya kira cukup mudah
silakan coba lagi.

Rudy Hernoko said...

Dear Pak Andi, saya tertarikmendapatkan bibit jamur dipo tersebut. Bagaimana cara mendapatkannya?
Posisi Saya di :
PT. Almega Sejahtera
Jl. Sumatera 33 Surabaya
ph. 031 5026547, 5029367

Mohon biaya & cara pembayarannya.

Thank You

harni said...

pak andi,saya sngt tertarik ingin memelihara jamur dipo ini.. dimn saya bisa mendapatkannya?

arie handayani said...

pak bagaimana saya mendapatkan jamur dipo/kombucha alamat saya dimedan dan kl saya beli kebapak berapa harganya dan ongkos kirimnya.

widodo said...

Saya sungguh tertarik dengan membuat teh jamur Dipo ini. saya mau tanya bagaimana cara membuat jamur itu.

NIK said...

SAYA ADA BUAT TEH KAMBUNCHA TAPI SAYA TAKUT NAK MINUM BAUNYA DAN RUPANYA MACAM WINE ADAKAH SEMASA PROSESNYA BOLEH JADI ALKOHOL

andisup said...

klau dari kandungan sedikit ada alkohol
ini nga jauh beda dengan tape ( proses singkong yang difermentasi )
dan kandungan alkohol juga terdapat buah buahan
batasan bisa dilihat web dibawah ini
terima kasih
http://mediaislam.myblogrepublika.com/minuman-mengandung-sedikit-alkohol/


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes